ALUMNI SMA MUHI, DITETAPKAN SEBAGAI REKTOR UII PERIODE 2018 – 2022

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
ALUMNI SMA MUHI, DITETAPKAN SEBAGAI REKTOR UII PERIODE  2018 – 2022

Pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII akhirnya menetapkan Fathul Wahid ST MSc PhD sebagai Rektor UII periode 2018-2022, Senin (26/3). Penetapan itu dilakukan di Kantor Yayasan Badan Wakaf UII Jalan Cik ditiro Yogyakarta, Senin (26/3) pukul 13.00 WIB, dipimpin Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII Bapak Dr Ir Luthfi Hasan MS. Bapak Fathul Wahid merupakan Rektor termuda UII. Ia terpilih menjadi Rektor UII dalam usia 44 tahun. Fathul Wahid lahir dari keluarga sederhana di sebuah desa kecil di ujung selatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, 26 Januari 1974. Keluarga besar SMA Muhi sangat bangga dengan pencapaian ini, karena beliau merupakan alumni terbaik tahun 1992.

Anak sulung dari empat bersaudara ini, menghabiskan masa kecil sampai SD di desa. Pendidikan dasar diselesaikan pada tahun 1986 di SDN Teluk Wetan III Welahan Jepara, sambil mendalami agama di Madrasah Diniyyah Awwaliyah Al-Ishlah di desa yang sama. Pada tahun 1986, ia hijrah ke Kudus untuk menempuh Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kudus. Pada jenjang SMA beliau melanjutkan pendidikannya di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Selanjutnya beliau sempat masuk Jurusan Manajemen UGM sebelum akhirnya menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung tahun 1997. Sekaligus pada tahun 1997 ia bergabung dengan UII sebagai dosen.

Suami dari Nurul Indarti dan ayah dari Aqila Salma Kamila (19 tahun) dan Ahsana Zaima Mahira (7 tahun) ini menempuh Program S3 Sistem Informasi, di University of Agder, Norwegia. Perjalanan Fathul Wahid menuju kursi Rektor UII periode 2018 - 2022 cukup mulus, karena sebelum tahap akhir pemilihan, ia harus bersaing ketat dengan puluhan bakal calon lainnya, lalu mengerucut pada lima calon dan pada tahap akhir tinggal 3 calon. Pada 21 Maret 2018 dilakukan pemilihan calon Rektor UII oleh Senat Universitas dan terpilih 3 nama, yakni Fathul Wahid ST MSc PhD dengan mendapat 77 suara, Dr Suparman Marzuki SH MSi (Mantan ketua Komisi Yudisial) mendapat 37 suara dan Dr Ir Widodo MSc. mendapat 10 suara dari 156 anggota Senat Universitas. Selamat mengemban amanah untuk Bapak Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. Semoga dapat menginspirasi keluarga besar SMA Muhi untuk terus berprestasi. Yus/FS/Smj

Article  Super Administrator