ARAHAN PENGEMBANGAN KTSP 2021-2022

  • Beranda -
  • ARAHAN PENGEMBANGAN KTSP 2021-2022
research
  • 04 Juni 2021

ARAHAN PENGEMBANGAN KTSP 2021-2022

Kamis (3/6), sekolah menggelar kegiatan arahan pengembangan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTPS). Kegiatan ini berlangsung pukul 12.30-15.00 WIB di ruang Multimedia. Acara dihadiri oleh ketua Majelis Dikdasmen PWM DIY (Bapak Achmad Muhammad, M. Ag.), ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta (Drs. Aris Thobirin, M. Si.), Ketua Komite (Bapak Drs. Dwiyono Iriyanto, M.M., CPC), pengawas sekolah (Dra. Reni Herawati, M.Pd. BI), dan tim pengembang kurikulum sekolah TP 2021-2022. Keempat tamu undangan tersebut memberikan arahan dan penjelasan terkait penyususnan KTSP.

Acara diawali dengan sambutan kepala sekolah. “KTSP disusun berdasarkan landasan peraturan dari pemerintah maupun persyarikatan. Penyusunannya pun tidak sekadar menjiplak yang sudah ada karena KTSP berubah berdasarkan kebutuhan dan keadaan di lapangan.” Hal tersebut juga disampaikan oleh Bapak Achmad Muhammad, M. Ag. bahwa dalam KTSP tahun mendatang pastinya terdapat perbedaan khususnya bagian pelaksanaan pembelajaran. Ketua komite juga memberikan motivasi bahwa dua hal yang bisa dilakukan sekolah adalah cara terbaik dan cara termungkin. Sekolah harus memberikan yang terbaik oleh peserta didiknya dengan layanan yang maksimal dan saat masa transisi seperti sekarang ini, yang paling mungkin dilakukan dalam pembelajaran adalah dengan blanded learning.

“Fasilitas sekolah sangat mendukung untuk melakukan blanded learning yakni dibantu alat webcam sehingga guru tidak perlu memberikan penjelasan dua kali dalam tiap kelas.  Diperlukan pula penyederhaan Kurikulum secara mandiri dengan KD Esensial yang diperkaya dengan KD dari permendikbud nimor 37 tahun 2018 untuk meningkatkan kompetensi siswa," ucap Ibu Reni H., M.Pd. BI. Oleh karena itu, guru dapat maksimal menyampaikan materi dan memberikan pembelajaran yang mengesankan. “Harapannya sekolah mampu menjadi sekolahnya manusia yaitu menghasilkan siswa terbaik sesuai dengan bakat, passion, dan talentanya,” tegas Bapak Dwiyono Iriyanto, M.M., CPC. (Ari/Msn)