Chika Juara 1 Lomba Bahasa Jepang

  • Beranda -
  • Chika Juara 1 Lomba Bahasa Jepang
research
  • 06 Maret 2020

Chika Juara 1 Lomba Bahasa Jepang

Acara International Competition 202 dilaksanakan di SMA Negeri 7 Yogyakarta pada Ahad 22 Februari 2020. Pihak sekolah pun berpartisipasi dengan mengirimkan beberapa siswa terbaik yaitu Chika Salsabilla Maryana kelas X MIPA 6, Aulia Hilma Latifah kelas X MIPA 1, Alyssa Puspitasari kelas X MIPA 4 dan Puan Sekar Syaharani kelas X IPS 2. Salah satu dari mereka, Chika Salsabilla Maryana, yang baru duduk di bangku kelas X mendapatkan juara 1 dalam lomba Bahasa Jepang, Manga Competition. Hadiah diserahkan oleh Japanese Language Expert Mr. Okamoto Taku dari The Japan Foundation.
Prestasi tersebut diraih oleh Chika karena mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler (eskul) bahasa Jepang di sekolah. Pihak sekolah membentuk komunitas Japanese-Club dengan nama MUHI DESU yang pada dasarnya siswa memiliki bakat untuk mereka kembangkan. Mayoritas siswa dalam kelompok ini menyukai anime dan manga. Berawal dari sanalah pembimbing eskul bahasa Jepang memfasilitasi dengan memberikan wadah untuk menuangkan ide-ide inspiratif melalui proses membuat manga/komik.
Diah Wijiastuti selaku pembimbing eskul bahasa Jepang menuturkan bahwa siswa diwanti-wanti tidak menjiplak karya orang lain, tetapi berusaha menciptakan karakter sendiri. Maka tiap pertemuan tatap muka kegiatan eskul pembimbing selalu mengingatkan saat pemberian materi akademik kepada siswa. Selain itu, siswa yang mempunyai hobi seni juga diberikan arahan dan diskusi. (RJ/ARI)