CIPTA DAN BACA KARYA SASTRA

  • Beranda -
  • CIPTA DAN BACA KARYA SASTRA
research
  • 13 November 2018

CIPTA DAN BACA KARYA SASTRA

SMA Muhamamdiyah 1 Yogyakarta (SMA MUHI) merupakan sekolah rujukan dari beberapa sekolah imbas. Adapun sekolah imbas SMA MUHI terdiri dari SMAN 11 Yogyakarta, SMA Budya Wacana, SMA Taman Madya, SMA Muh 5, SMA Muh 7. Sekolah imbas tersebut selalu diikutsertakan saat SMA MUHI mengadakan kegiatan, salah satunya serangkaian lomba literasi. Kegiatan tersebut berupa lomba menulis cerpen dan membaca puisi yang diikuti oleh perwakilan siswa SMA MUHI dan sekolah imbas. Adapun tema kegiatan adalah "Sinergi Literasi Membangun Generasi Berprestasi.”

 

 

Lomba cipta cerpen dimulai sejak tanggal 18 Oktober 2018 sedangkan baca puisi dilaksanakan pada tanggal 7 November 2018. Peserta lomba cipta cerpen berjumlah 62 siswa dan lomba baca puisi sebanyak 73 siswa.  Mereka berkompetisi secara sehat yang dinilai oleh dewan juri dari guru-guru Bahasa Indonesia berbagai sekolah yang terdiri dari Dra. Retna Rahayu Widawati, Drs. Edy Widyanta Hidayat Ikhsan, dan Retno Sumirat, S. Pd. Para juri mengambil enam pemenang dari tiap-tiap cabang lomba. Pemenang akan mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan dan sertifikat. Total uang pembinaan dari kedua cabang lomba berjumlah Rp 6.000.000,-

Hasil dari kejuaraan tersebut adalah: Juara 1 menulis cerpen dirah oleh Waskito Jati Issa sedangkan baca puisi diraih oleh Denting A. yang keduanya berasal dari SMA MUHI.

 

Para peserta lomba membaca puisi ternyata tidak sesuai prediksi panitia. Hal itu karena jumlah pesertanya melebihi kuota. Jumlah peserta lomba puisi seharusnya 50 siswa tetapi yang hadir terdapat 73 siswa. Namun, hal itu menunjukkan bahwa siswa memiliki kesadaran berliterasi dalam bentuk baca puisi. “Alhamdulillah, antusias anak-anak sangat luar biasa.  Sinergitas antara perpustakaan dan MGMP Bahasa Indonesia SMA MUHI berlangsung sangat bagus sehingga rangkaian kegiatan  lomba literasi berjalan dengan lancar dan baik” ungkap Hj. Wijayanti, selaku ketua panitia. (ARI/DMS/NIDA)