DEMAM KULINER, MELALUI PRAKARYA SISWA MUHI CIPTAKAN MENU BARU

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
DEMAM KULINER, MELALUI PRAKARYA SISWA MUHI CIPTAKAN MENU BARU

Yogyakarta (5/9), digempur kuliner kekinian, siswa SMA Muhi unjuk kreativitas untuk menciptakan menu baru. Kuliner kekinian kian waktu mulai menyeruak di sudut-sudut kota khususnya Yogyakarta. Pasaran pun menilik hal tersebut dan menjadi topik kekreativitas yang menuntut nilai jual meningkat. Melalui mata pelajaran Prakarya dengan materi kreasi masakan daerah, siswa kelas XII SMA Muhi diminta berkreasi untuk dapat memahami kondisi pasar terkini.

Materi ini sangat ditunggu-tunggu oleh siswa. Saya mengajak siswa untuk dapat mengenal lebih dalam masakan tradisional dan mendampingi siswa untuk dapat mengembangkannya menjadi masakan yang kekinian,” ungkap Siska Gusika P, S. Pd., selaku guru Prakarya ketika tengah diwawancarai. Dalam kegiatan tersebut, siswa mengobservasi masakan tradisional, selanjutnya siswa mengomparasikan kuliner kekinian yang hadir di sekitar mereka. Dengan daya imajinasi dan pendampingan siswa mengolah bahan-bahan dan resep yang telah dimodifikasi untuk diolah (praktik) di sekolah.

Hasil dari pembelajaran dan praktik, siswa mampu mengolah dan mengembangkan masakan tradisional menjadi masakan kekinian. “Banyak kreasi masakan yang hadir, seperti nasi goreng bola isi, ketela kukus pandan, dan masih banyak lagi kreasi unik serta bernilai jual,” tambah Siska Gusdika P, S. Pd., ketika tengah melakukan penilaian. (Ich

Article  Maryanto