• 62-274-563739
  • info@smumuhi-yog.sch.id
  • 62-274-519533

DEWAN PTS 1 SIAP KAWAL PELAKSANAAN UJIAN SAMPAI TUNTAS

23 September 2022

Khairunisa Aulia Lutfi

Editor

Muhi menggelar penilaian tengah semester 1 (PTS 1) sejak tanggal  19 September 2022 hingga tanggal 30 September 2022 mendatang. Pelaksanaan PTS 1 tahun  ini dilaksanakan secara luring dengan bentuk soal uraian tertulis. PTS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar secara daring, sehingga demi kelancarannya PTS 1 dikawal oleh tim dewan (panitia). “Demi memperlancar pelaksanaan PTS 1 baik secara teknis maupun administrasi, maka dibentuklah Dewan PTS 1 (kepanitiaan)”, tutur Ibu Marini Amalia Octvianti, S.Si., M.Pd, sebagai ketua pelaksana.

Pengawalan Dewan PTS 1 tidak hanya saat ujian berlangsung, namun juga persiapan pelaksanaan. Dalam rangka menjamin kualitas PTS 1, tim dewan mengawal penelaahan soal yang dilakukan para guru. Tim dewan juga membuat jadwal, tata tertib pelaksanaan dan pengawasan PTS 1 dengan persetujuan kepala sekolah. Ikhtiar menertibkan siswa dalam PTS 1 selain diberlakukannya tata tertib dan adanya tim pengawas, siswa wajib memiliki kartu ujian yang telah disiapkan tim dewan. Kartu ujian tersebut wajib dibawa setiap mengikuti ujian dan ditandatangani oleh pengawas. “Sebagai antisipasi ananda yang lupa membawa kartu ujian, kami menyiapkan kartu sementara di pos guru jaga”, tutur Ibu Nida Azizah Kamilah, S.Pd. selaku sekretaris dewan.  

Jika ujian telah selesai pengawas akan menyerahkan lembar jawab kepada tim dewan, untuk dilakukan pengecekan dan selanjutnya dibagikan kepada korektor. Bagi siswa yang berhalangan hadir, dapat mengikuti ujian susulan dengan melampirkan surat dari orang tua/wali atau dokter. Tim dewan akan mendampingi pelaksanaan ujian susulan sesuai jadwalnya. “Harapan kami PTS 1 tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib”, ungkap Ibu Marini Amalia Octvianti, S.Si., M.Pd, (Zen)