EKSPLORASI GUA VERTIKAL JOMBLANG

  • Beranda -
  • EKSPLORASI GUA VERTIKAL JOMBLANG
research
  • 02 Desember 2019

EKSPLORASI GUA VERTIKAL JOMBLANG

Delapan November 2019 kemarin, sebanyak 18 peserta didik yang tergabung dalam organisasi pecinta alam SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (FALAHI) dengan didampingi 8 alumni dan guru pendamping melakukan perjalanan menuju Gua Jomblang di daerah Gunung Kidul, DIY. Perjalanan kali ini bertujuan untuk mengeksplorasi salah satu keunikan alam, berupa gua vertikal yang didalamnya terdapat sungai bawah tanah dengan aliran air yang cukup deras dan pemandangan ray of light yang sangat indah.

Eksplorasi ini spesial karena hanya bisa diikuti oleh peserta didik yang menguasai teknik eksplorasi vertikal, yang disebut Single Rope Technique Frog Rig System. Maka selama satu bulan terakhir mereka harus intensif berlatih dan ketat dinilai kemampuannya oleh Pembina FALAHI.

Sabtu pagi selepas sholat subuh, tim eksplorasi mulai memasang jalur dan lintasan. Sekitar pukul 12.00 WIB Alhamdulillaah seluruh tim berhasil menuju titik terdalam gua. Butuh waktu hingga 6 jam sejak pukul 13.00 bagi seluruh tim untuk menyusuri lintasan naik menuju bibir gua dan kembali menuju camp. Eksplorasi  ini ditutup pukul 20.00 WIB dan dilanjutkan perjalanan kembali menuju SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Selain dituntut memiliki kemampuan fisik yang prima, eksplorasi gua vertikal juga mengharuskan seluruh anggota tim memiliki kedisiplinan waktu & kedisiplinan alat yang tinggi, hingga kekompakan tim & ketangkasan masing-masing anggota yang baik.

Merangkak, Menapak, Berjaya! (Al/Ari)