FGD EFEKTIF TEMUKAN SOLUSI

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
FGD EFEKTIF TEMUKAN SOLUSI

Sabtu, 18 November 2017, komite, BK, dan bidang kesiswaan Muhi mengadakan acara FGD (Focus Grup Discussion). Sasaran dari kegiatan ini adalah orang tua/wali peserta didik kelas X dan XI.  Acara ini bertema "Peran Orangtua dalam mendidik anak dan meningkatkan prestasi untuk menghadapi perkembangan zaman".

 

Acara FGD dimulai pukul 08.45. Adapun  pemateri sekaligus host FGD yaitu Bapak Dwiyono Irianto, M.M. (motivator nasional) dan Bapak KH. Harun Al Rasyid (Alumni Muhi dan Pemilik Ponpes Al Hikmah Gunungkidul). Kedua pakar yang dihadirkan merupakan komite Sekolah SMA Muhi. Meskipun kedua pemateri ini memiliki kesibukan yang tinggi tetapi mereka tetap memprioritaskan dapat mengahadiri undangan dari Muhi,karena kegiatan FGD ini juga beliau harapkan sejak lama. Kedua pakar ini, memiliki kemampuan yang tidak diragukan lagi,hal itu terbukti saat pelaksanaan FGD sangat efektif. Suasana awal FGD memang sangat  tegang serta membuat orangtua bertanya - tanya apakah ananda bermasalah di sekolah. Namun, semakin lama acara berlangsung,  maka semakin membuat peserta nyaman disambut gembira.  Hal itu karena terjadi interaksi peserta untuk mengumpulkan berbagai informasi (mencari solusi dengan berdiskusi).

Kegiatan diskusi inilah yang membuat orang tua antusias karena sangat bagus dan cocok untuk menyelesaikan masalah- masalah berkaitan dengan perkembangan zaman.

 

Pada dasarnya,acara FGD ini tidak sekadar memberikan informasi melalui ceramah saja, tetapi acara FGD ini membuat peserta pun dituntut untuk aktif dengan cara diskusi. Harapannya FGD dapat dilakukan secara terjadwal agar orangtua dapat mengetahui permasalahan anak serta solusi masalah anak dengan tepat. Ini adalah salah satu bentuk komunikasi yang sangat efektif antara orangtua siswa dan SMA Muhi.

Article  Maryanto