HADIRKAN SANDIAGA UNO, SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA GELAR KULIAH UMUM

  • Beranda -
  • HADIRKAN SANDIAGA UNO, SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA GELAR KULIAH UMUM
research
  • 08 Oktober 2021

HADIRKAN SANDIAGA UNO, SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA GELAR KULIAH UMUM

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggelar kuliah umum penutupan rangkaian milad ke-72 tahun, Jumat (8/10/2021).Kuliah umum yang diikuti seluruh siswa, guru, tenaga kependidikan, dan orang tua siswa tersebut diisi oleh Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Kuliah umum ini mengangkat tema “Pembelajaran Jarak Jauh sebagai media pengembang kemandirian, kreativitas, dan kesadaran belajar”. Sehubungan masih dalam suasana pandemic maka kegiatan dilaksanakan secara online melalui kanal zoom dan youtube. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta, pengawas sekolah, dan komite sekolah. Kegiatan ini juga dihadiri secara online oleh seluruh siswa, guru, karyawan, alumni, dan orang tua siswa.

Kepala Sekolah Drs. H Herynugroho, M.Pd menuturkan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang merupakan salah satu barometer sekolah swasta unggulan terus berinovasi dan memaksimalkan proses pembelajaran dengan sistem daring yang saat ini dipadukan dengan system pembelajaran blended learning agar dapat mendorong kemandirian, kreativitas, dan kesadaran belajar siswa. Untuk menumbuhkan kemandirian, kreativitas, dan kesadaran belajar tersebut, selama pandemic ini sekolah telah melaksanakan berbagai program unggulan untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

Pada kesempatan ini juga dilakukan peluncuran secara online Buku Antologi Penelitian karya Guru dan Tenaga Kependidikan oleh Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY yang diwakili oleh Bapak Dr. Farid Setiawan, S.Pd., M.Pd.I. “Saya mengapresiasi sekolah ini yang telah mengembangkan budaya literasi. Kami berharap hasil penelitian ini akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran. Semoga sekolah ini akan mampu mencetak kader Muhammadiyah dan pemimpin bangsa yang berkualitas” kata beliau. Bapak H. Gita Danu pranata, MM selaku ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY dalam sambutan penutupan milad ini berpesan agar para siswa untuk selalu siap menghadapi perubahan dalam menghadapi globalisasi. “Kita harus menakar kemampuan diri untuk menghadapi abad-21 yang berbasis teknologi. Barangsiapa yang ingin menguasai dunia dan menguasai akherat maka haru smenguasai ilmu pengetahuan dan teknologi”. Pungkas beliau.

Sedangkan Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. dalam pemaparannya menekankan bahwa di masa pandemic ini setiap orang dituntut untuk selalu berpikir kreatif. Saat ini penopang perekonomian Indonesia yang terbesar adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan kewirausahaan. Hanya UMKM dan kewirausahaan yang saat ini bias memberikan lapangan kerja dan membangkitkan ekonomi umat. Untuk menjadi entrepreneur yang sukses dibutuhkan kreativitas, inovasi dan kemampuan daya saing yang kuat. “Saya berharap siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mampu berperan penting dalam kewirausahaan karena kalian memiliki penguasaan teknologi. Jadilah kalian agen perubahan, bukan generasi rebahan. Kuncinya adalah adaptasi, penguasaan teknologi dan kolaborasi.Terapkan prinsip Etos Kerja 4 As (Keras, Cerdas, Tuntas Dan Ikhlas) dan jangan lupa kalian harus menjadi generasi  yang berakhlakul Karimah” pungkas beliau.YUS