HW MUHI MENDUNIA

research
  • 10 Desember 2019

HW MUHI MENDUNIA

Sebanyak 5 orang Pandu Penghela dan 1 orang Pelatih Hizbul Wathan Qabilah Ash Habul Kahfi SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta didelegasikan untuk mengikuti 1st Iskandar Puteri Sustainable Development Goals (SDGs) International Camp, Jumat s.d. Selasa, 22 s.d. 26 November 2019 di EduCity, Johor, Malaysia. Kontingen Pandu Hizbul Wathan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mewakili Indonesia melalui Surat Rekomendasi dari Kwartir Pusat Hizbul Wathan. Rombongan berangkat dari Bandara Adisucipto, Kamis 21 November 2019 pukul 04.00 WIB dan tiba di Bandara Johor baru, Malaysia pukul 21.30 waktu setempat.

Peserta Internasional dihadiri oleh 4 negara, yaitu India, Indonesia, Hongkong, Taiwan dengan Malaysia sebagai tuan rumah. Isi dari Kemah International ini adalah serangkaian giat indoor dan outdoor yang merepresentasikan 17 isu utama tentang membina kehidupan yang lebih baik meliputi energi terbarukan, ketahanan pangan, kemiskinan, persamaan derajat, kebencanaan, lingkungan hidup dan hutan, wawasan bahari, perdamaian, budaya antar bangsa. Diharapkan seluruh Pandu Peserta Internasional dapat melakukan perubahan melalui kerangka SDGs untuk membina kehidupan yang lebih baik di negaranya masing-masing.

Seluruh peserta internasional mendapatkan sambutan yang hangat dari tuan rumah. Terlebih Indonesia karena memiliki kesamaan rumpun dan budaya. Kepanduan Hizbul Wathan baru pertama kali dikenal dalam forum internasional karena corak seragamnya yang menarik dan berbeda dari seragam Pramuka. Kontingen Hizbul Wathan juga telah memberikan kenang-kenangan berupa hasduk dan baret Pandu Penghela kepada perwakilan WOSM yang hadir di Malaysia. Inilah langkah awal yang ditempuh oleh Hizbul Wathan untuk mengharumkan nama almamater SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta semakin bersinar di dunia internasional. (Afn/Riks/Ari)