INTERNATIONAL CONFERENCE ON COUNSELING AND BEHAVIOURAL SCIENCE ICCoBS 2019

  • Beranda -
  • INTERNATIONAL CONFERENCE ON COUNSELING AND BEHAVIOURAL SCIENCE ICCoBS 2019
research
  • 23 Oktober 2019

INTERNATIONAL CONFERENCE ON COUNSELING AND BEHAVIOURAL SCIENCE ICCoBS 2019

Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah, Indonesia (IBKS) merupakan perkumpulan dalam melaksanakan seminar, workshop, dan program ilmiah peningkatan professionalisme dalam berbagai disiplin ilmu. Dalam memasuki Abad ke -21, BK memerlukan nilai tambahan serta jaringan kerjasama baik dan luas untuk meningkatkan kualitas profesi dan martabat guru bimbingan dan konseling di ASEAN. Usaha ini diharapkan akan dapat meningkatkan pengetahuan dalam bidang bimbingan dan konseling.

Melalui salah satu progamnya, melakukan peningkatan kemampuan konseling atau melalui kerjasama dengan MGK Malaysia (Majelis Guru Kaunseling Malaysia) yang bermaksud untuk membina ilmu konseling dari negara tetangga tentang konseling yang mana kita tahu bahwa ilmu konseling disana lebih maju dibandingkan negara kita. Tema dalam kegiatan “Kebersamaan dalam Keberagaman Menuju Kualitas Bimbingan dan Konseling Era Industri 5.0”.

Tujuan kegiatan ini meningkatkan kerjasama dengan Pertumbuhan dan Pendidikan Pendidik Malaysia (PPPPM), memberikan ruang dan peluang kepada peserta dari kedua-dua negara untuk berkenalan, bertukar pikiran membina jaringan untuk peningkatan profesionalisme layanan bimbingan dan konseling, Seminar dan workshop ini diadakan khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling Indonesia sebanyak 150 orang, Guru Bimbingan dan kaunseling Sekolah di Malaysia sebanyak 110 orang, Pengamal Kaunseling dan Konselor dari negara ASEAN sebanyak 40. Tempat kegiatan di Kementrian Pendidikan dan Republik Indonesia di Jakarta dan Lab. Bimbingan dan Konseling di Bogor, yag diselenggarakan pada tanggal 7-8 Oktober 2019. Adapun guru BK SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang mengikuti kegiatan ini adalah Ibu Nur Erlina Sari,  M.  Pd. Beliau mewaki sekolah bahkan provinsi Yogyakarta.  (NES/ARI)