KEGIATAN DONOR DARAH

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
KEGIATAN DONOR DARAH

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai sekolah kader Muhammadiyah pada Ahad, 25 Februari 2018 telah melakukan acara Donor Darah Moehi. Acara ini merupakan program kerja dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta bidang Sosial Environmet bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia). Pada kegiatan ini, berhasil mengumpulkan 69 kantong darah dari 107 pendonor dengan golongan darah yang beragam yakni A, AB, B, dan O. Menurut dr. Supak Silawani, salah satu dokter dari PMI, mengemukakan bahwa antusias dari pendonor sudah cukup bagus akan tetapi belum semua yang mendaftar bisa menjadi pendonor dikarenakan beberapa hal diantaranya kurangnya HB, tensi tidak memenuhi, berat badan yang kurang, dan jarak post menstruasi yang kurang dari 7 hari. Beliau juga menyarankan kepada calon pendonor untuk memahami syarat-syarat untuk menjadi pendonor seperti istirahat yang cukup dengan (tidur berkualitas minimal 5 jam), minimal usia 17 tahun, sudah makan minimal setengah jam sebelumnya, berat badan minimal 50 kg, tidak mengonsumsi obat antibiotik/ anti nyeri dan obat-obatan dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk kebaikan bagi pendonor maupun yang menerima donor darahnya.

 

Dalam kegiatan ini, para pendonor mendapatkan kupon untuk undian doorprize yang diundi setelah kegiatan selesai. Hadiahnya terdiri dari kompor, dispenser, powerbank, hingga sembako. Selain itu, bagi 50 pendonor pertama mendapat kesempatan untuk melakukan periksa kesehatan gratis berupa pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat. Serangkaian acara donor darah ini juga dimeriahkan lomba-lomba bagi anak TK hingga SD kelas 4. Ada lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba Adzan, lomba hafalan doa-doa, dan lomba hafalan surat pendek. Jumlah peserta lomba-lomba pada acara Donor Darah Moehi #4 ini mencapai 73 orang perwakilan dari TK, SD, TPA dan panti asuhan. Jumlah ini melebihi kuota pendaftar pada awalnya yang dipatok pada angka 50 orang pendaftar.

 

Ada juga bazar terdiri stand-stand kuliner dengan berbagai macam sajian sehingga menjadikan acara ini ramai oleh pengunjung. Selain bazar juga ada tim dari kewirausahaan IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berkeliling menjajakan produk olahan dari anak-anak IPM dan guru. “Alhamdulillah acara Donor Darah kali ini berjalan dengan lancar dan baik, diikuti oleh banyak peserta lomba yang hebat dan para pendonor yang budiman. Terima kasih atas partisipasinya dalam acara ini. Semoga ditahun berikutnya bisa membuat yang lebih spektakuler dan tentunya bermanfaat bagi semuanya. “ ujar Arkan Naufal, selaku ketua panitia Donor Darah Moehi #4, selepas acara. Semoga dengan diadakannya acara ini dapat bermanfaat bagi sesama dan dapat menumbuhkan kepekaan akan budaya saling tolong menolong, yang dirasa pada saat ini mulai luntur semangatnya. Nuun Walqalami Wamayasturuun. (HaidarAN/DMS/SMJ)

Article  Maryanto