• 62-274-563739
  • info@smumuhi-yog.sch.id
  • 62-274-519533

KEMBALIKAN ROH BELAJAR LURING, MUHI GELAR PTS 1 TERTULIS

20 September 2022

Adam Ahakim

Editor

      Penilaian tengah semester 1 (PTS 1) tahun 2022/2023 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya kegiatan PTS dilakukan secara daring melalui google classroom dan LMS sekolah. Tahun ini PTS diadakan secara luring dalam bentuk soal tertulis, seperti halnya kegiatan sebelum Pandemi Covid-19. Soal-soal PTS 1 berupa uraian yang telah ditelaah oleh sesama guru dalam satu mata pelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Senin, tanggal 19-30 September 2022 dari pukul 07.00 hingga 11.30 WIB. PTS 1 dilaksanakan di ruang kelas dengan pembagian ruang sesuai yang tercantum pada denah pelaksanaan. Ibu Marini Amalia Octvianti, S.Si., M.Pd selaku ketua pelaksanaan PTS 1 menjelaskan agar pelaksanaan PTS tahun ini lebih kondusif, Ananda kelas X duduk  berdampingan dengan Ananda kelas XI, sedangkan Ananda kelas XII di kelas tersendiri.

           Dalam mengikuti PTS 1 siswa harus memiliki kartu ujian, yang telah diberikan sebelumnya. Kartu ujian ini bisa diperoleh apabila siswa telah menyelesaikan administrasi sekolah. Apabila pada pelaksanaanya, siswa lupa membawa kartu ujian bisa meminta surat izin pengganti dari kesekretariatan yang berada pada ruang guru jaga dan berlaku satu hari. Kartu ujian PTS 1 harus ditandatangani oleh pengawas dalam setiap kali ujian. Demi kelancaran dan ketertiban bersama kegiatan PTS 1 dipantau dan diawasi oleh tim pengawas ujian. Bagi Ananda kelas X dan XI didampingi oleh 2 orang pengawas, sedangkan untuk Ananda kelas XII didampingi oleh 1 pengawas. Selama pelaksanaan PTS 1 siswa diwajibkan mematuhi tata tertib ujian yang telah ditetapkan, termasuk diantaranya membawa alat komunikasi berupa handphone.

              Bagi Ananda yang terpaksa tidak dapat mengikuti PTS 1 karena sakit atau lainnya, bisa mengikuti ujian susulan dengan menyertakan surat keterangan dari orang tua/wali atau dokter (apabila sakit). Ujian susulan akan dilaksanakan tanggal 21 September-4 Oktober 2022. “PTS tahun ini diharapkan dapat melatih siswa untuk membiasakan diri berfikir kritis melalui soal-soal uraian yang diberikan. Selain dengan adanya ujian tertulis, siswa dilatih untuk tidak ketergantunagn dengan penggunaan gadget serta dapat  membiasakan diri untuk selalu berbuat jujur”, tutur Ibu Marini Octvianti, S.Si., M.Pd selaku ketua pelaksanaan PTS 1 Muhi.(Zen)