• 62-274-563739
  • info@smumuhi-yog.sch.id
  • 62-274-519533

KEPALA BADAN PSDM KEMENTERIAN PUPR RI RESMI MEMBUKA MONACO 2023

09 September 2023

Adam Ahakim

Editor

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyelenggarakan pembukaan Moehi National Competition (MONACO) 2023 di Grha As-Sakinah pada Sabtu, 9 September 2023. MONACO merupakan acara tahunan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhi. Kegiatan ini diikuti oleh 1643 pelajar SMP/SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Kegiatan dibuka oleh Dr. Ir. H. Khalawi. AH, MSC. MM selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR RI.

Tema MONACO tahun 2023 ini adalah “An Adventure Beyond the Horizon" dengan mempertandingkan 17 cabang lomba. Berbagai lomba itu diantaranya adalah : Olimpiade Matematika, Olimpiade IPS, Olimpiade IPA, Cipta Puisi, Debat Bahasa Indonesia, Story Telling, Speech, Fotografi, MLBB, Basket, Lomba Lintas Alam, Band Competition, Tapak Suci, Dai Muda, Musabaqoh Hifdzil Quran, Musabaqoh Tilawatil Quran, dan Cerdas Cermat Agama Islam. Lomba ini memperebutkan piala Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga Rapublik Indonesia dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Drs H Herynugroho M.Pd, Kepala Sekolah Moehi mengatakan acara ini merupakan serangkaian lomba yang ditujukan kepada siswa/i SMP dan SMA sederajat se-Indonesia. Diharapkan MONACO 2023 bisa menjadi ajang dan wadah bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mencapai titik kejayaannya sebagai seorang generasi muda sekaligus generasi penerus bangsa. Agar Indonesia dapat bersaing maksimal dari revolusi industri, ketersediaan sumber daya manusia yang melimpah harus diimbangi dengan peningkatan kualitas dari sisi pendidikan dan keterampilan. Beliau menyampaikan bahwa Pelajar di era 4.0 harus memiliki tiga komponen keterampilan utuh agar bisa menjadi generasi yang unggul dan menjadi pemenang dalam kompetisi global. Tiga komponen keterampilan utuh yang dimaksud adalah pendidikan karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. “Insya Allah dengan kalian mengikuti MONACO ini dengan sungguh-sungguh, kalian akan memperoleh tiga komponen keterampilan utuh itu sekaligus,” tuturnya. Yus