• 62-274-563739
  • info@smumuhi-yog.sch.id
  • 62-274-519533

MAHIR BERSAMA KLINIK MATEMATIKA

05 Agustus 2022

Nida Azizah Kamilah

Editor

Mengawali kegiatan di awal pekan, tepatnya tanggal 1 Agustus 2022, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika dan laboratorium berkolaborasi untuk menyelenggarakan “Sosialisasi Klinik Matematika”. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Grha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang diikuti oleh peserta didik kelas X yang berjumlah 50 orang dan kelas XI berjumlah 98 orang. Kegiatan ini terbagi dalam 2 sesi, pertama pukul 15.45  sampai 16.15 WIB untuk Ananda kelas X dan kedua pukul 16.15 sampai 16.45 WIB untuk  Ananda kelas XI.

Materi presentasi disampaikan oleh Ibu Mutiara Kusumawati, S.Pd.Si., M.Pd selaku penanggung jawab laboratorium matematika. Menurutnya tujuan diadakan klinik matematika yaitu  untuk memfasilitasi Ananda dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran matematika. Selain pendampingan secara intensif peserta didik memiliki kesempatan lebih untuk mendalami matematika. Setiap kelas akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil agar lebih  efektif dan kondusif. Pendamping masing-masing kelompok  adalah guru matematika yang telah ditunjuk sebelumnya.

Dalam kegiatan sosialisasi juga disampaikan tata tertib bagi Ananda yang mengikuti klinik matematika. Tata tertib tersebut diantaranya hadir sesuai dengan kelompoknya. Kelas X dilaksanakan pada jam ke-11 dan kelas XI jam ke-12 pada pekan yang berbeda. Evaluasi akan dilakukan setelah 4 kali pertemuan untuk menentukan lulus tidaknya peserta didik tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong semangat peserta didik untuk mendalami literasi numerasi, sehingga menjadikan mereka pembelajar yang mahir dan memiliki antusias tinggi dalam pembelajaran matematika. (ZEN)