Melestarikan Budaya dengan Belajar Membatik

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
Melestarikan Budaya dengan Belajar Membatik

Tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non benda. Pada. tanggal ini, beragam lapisan masyarakat berpartisipasi untuk memeriahkan hari batik. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai institusi pendidikan juga berpartisipasi dengan mengadakan pelatihan singkat tentang membatik pada Kamis (4/10). Kegiatan ini diselenggarakan di halaman sekolah yang diikuti sekitar 50 siswa perwakilan kelas. Acara dibuka pukul 09.00 oleh Bapak Abdul Qodir, S.Th.I selaku wakil kepala sekolah mewakili Bapak Kepala SMA Muhi.

Dalam sambutannya Bapak Abdul Qodir, S.Th.I mengajak kepada para siswa untuk mencintai dan melestarikan budaya bangsa. “Semoga kegiatan ini dapat menggugah kesadaran generasi muda untuk selalu melestarikan budaya bangsa” pungkas beliau. Selanjutnya, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Pimpinan Pusat Aisyiyah dengan programnya Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah yang telah berkenan menjadi instruktur dalam kegiatan pelatihan ini. Pada kesempatan ini peserta diberi pengetahuan singkat tentang teknik membatik Shibori. Shibori merupakan kesenian dari Jepang, dimana sebuah pola pada kain diciptakan melalui proses pencelupan pada pewarna. Dasarnya pembuatan Shibori itu adalah beberapa bagian kain ‘dilindungi’ dengan cara mengikat dan melilit kain agar tidak terkena pewarna. Sehingga hasil akhirnya memberikan pola sesuai dengan yang diinginkan.

“Saya sangat senang dan tertarik dengan pelatihan ini. Disini saya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat” tutur M. Farhan Syaifullah siswa kelas XII yang mengikuti pelatihan ini. Kegiatan ini berlangsung sekitar 2 jam. Setelah proses pewarnaan kain selesai, para peserta kemudian menjemur kain batiknya. Akhirnya para siswa kembali ke kelasnya masing-masing dengan membawa kain batik yang telah dibuat. (Yus/FS)

Article  Maryanto