MENTAL GLOBAL CITIZENSHIP

  • Beranda -
  • MENTAL GLOBAL CITIZENSHIP
research
  • 30 Maret 2021

MENTAL GLOBAL CITIZENSHIP

Kemajuan teknologi sekarang ini sangat berpengaruh di seluruh lini kehidupan. Hal itu berdampak terhadap cara pandang generasi millennial dalam melakukan aktivitas, termasuk dalam menjalankan perannya sebagai warga negara. Dengan demikian, kaum muda harus mempunyai mental yang kuat di negara demokratis sebagai warga negara digital dan  dalam menghadapi tantangan global. Untuk mengupas tuntas persoalan tersebut, Al Birru Organizer bersama dengan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kota Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan Universitas Ahmad Dahlan akan mengadakan ASK (Al Birru Sharing Knowledge)#3 dengan tema "Memiliki Mental Global Citizenship di Era Digital."

 

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Ahad, 18 Maret 2021, pukul 08.00 sampai selesai melalui ZOOM dan disiarkan live YouTube Al-Birru Organizer. Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Ida Puspita, S.S., M.A.Res. (Kepala Kantor Urusan Internasioal UAD), Yolanda Ema Indrasari (Ketua Umum GKHW Qabilah Ash Habul Kahfi), Muhammad Rifqi Septiono (Ketua Umum PR IPM SMA Muhammadiyah Yogyakarta 2019/2020), dan Denting Azzahra P. (Sekretaris Umum PR IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta 2019/2020).

 

Tiga siswa SMA MUHI Yogyakarta berkesempatan untuk menjadi narasumber di kegiatan tersebut. Mereka mengungkapkan pengalaman tentang perkembangan digital yang semakin pesat perkembangannya. Dengan berani untuk tampil sebagai narasumber adalah salah satu cara melatih public speaking mereka. Sekolah selalu memberi dukungan penuh pada siswa yang ingin mengembangkan public speaking karena pengalaman tersebut tidak cukup diasah dalam kegiatan internal sekolah saja. (LBS/Ari)