MENTAL KEJUJURAN TETAP MELEKAT

  • Beranda -
  • MENTAL KEJUJURAN TETAP MELEKAT
research
  • 17 April 2021

MENTAL KEJUJURAN TETAP MELEKAT

Pandemi yang masih terdapat di Indonesia mengakibatkan banyak perubahan yang harus dijalani oleh masyarakat. Perubahan itu pun juga terdapat dalam dunia pendidikan. salah satunya dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar yang harus dilakukan melalui daring. Bahkan, ujian pun harus dilakukan secara daring. Hal inilah yang tidak dapat dipungkiri bahwa pembelajaraan saat ini terdapat pola baru dan peserta didik semakin menyesuaikan.

Hal itu terbukti dari lancarnya pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tahun pelajaran 2020-2021 di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Ujian yang dimulai sejak Senin, 22 Maret 2021- 5 April 2021 ini dilaksaankan melalui Learning Management System (LMS) sekolah sehingga server lancar dan aman. Peserta didik yang tersebar dari sabang hingga merauke pun dapat mengakses laman LMS secara lancar. Namun, tim US tetap menjadwakan adanya US susulan untuk mengantisipasi jika terdapat peserta didik yang mengalami kendala teknis.

Peserta didik kelas XII yang mengikuti US berjumlah 360. Selama mengerjakan US, mereka diawasi secara daring yakni melalui googlemeeting. Pengawas berjumlah satu orang yakni wali kelas atau guru BK. Harapan dari tim penyelenggara adalah peserta didik tetap menjunjung nilai kejujuran dan disiplin selama US. Hal ini selaras dengan pernyataan wakaur kurikulum, Ibu Marsuni, S.Pd. yang menyatakan bahwa penilaian yang bersifat akuntabilitas harus tetap diaksanakan meskipun dalam sistem daring. Semoga mental kejujuran tepat melekat pada diri Ananda.

(Ari/Msn)