MENYAMBUNG RASA MELALUI PESANTREN KELAS X DAN XI

  • Beranda -
  • MENYAMBUNG RASA MELALUI PESANTREN KELAS X DAN XI
research
  • 31 Mei 2019

MENYAMBUNG RASA MELALUI PESANTREN KELAS X DAN XI

Pesanteran merupakan kegiatan yang dilakukan tiap tahun sekali. Kegiatan ini merupakan progam dari bidang Ismuba SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (SMA MUHI). Pesantren juga menjadi syarat kenaikan kelas bagi peserta didik kelas X dan XI. Pesanteran tahun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya adalah peserta didik kelas X dan XI pelaksanaannya digabung. Pada hari Rabu, 23 Mei 2019 dilaksankan pesantren untuk peserta didik putra kelas X dan XI. Sedangkan pada hari Kamis, 24 Mei 2019 diadakan pesantren untuk peserta didik putri kelas X dan XI.

 

“Harapan kami setelah Ananda mengikuti kegiatan ini, Ananda terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang mulia. Maka Ananda menjadi generasi yang memiliki akhlak mulia, para pemimpin yang amanah, serta rasa cinta tanah air yang tinggi,” ungkap Bapak Tri Ismu Husnan Purwono, S. H., M.M. saat memberikan sambutan. Begitu pula yang disampaikan oleh Bapak Fauzi, S. S. selaku ketua panitia, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Ananda karena akan mendapatkan ilmu dan materi dan motivasi dari pembicara yang sudah disiapkan panitia.

 

Adapun kegiatan pesantren tahun ini adalah peserta didik mendapatkan materi motivasi menjadi generasi qurani yang disampaikan oleh motivator tingkat nasional yaitu Bapak Erik Hadi Saputra, S. Kom., M. Eng.  Selain itu motivasi meningkatkan semangat belajar oleh lembaga TEKNOS Genious. Peserta didik juga mendapatkan materi thaharah dan sholat sesuai putusan tarjih Muhammadiyah. Peserta didik dibagi sesuai kelasnya masing-masing dan dibimbing oleh guru. Setelah itu peserta didik melaksanakan ujian praktik thaharah dan sholat. Pesantren diakhiri sholat tarawih dan khataman Alquran bersama-sama. (ARI/AQ)