MENYELAMATKAN POPULASI TUKIK

  • Beranda -
  • MENYELAMATKAN POPULASI TUKIK
research
  • 19 September 2019

MENYELAMATKAN POPULASI TUKIK

Senin, 9 September 2019, Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta bekerja sama dengan FALAHI telah melaksanakan program kerja setahun sekali. Kegiatan tersebut berupa bersih pantai, konservasi tukik dan baksos bantuan ATK untuk sekretariat budi daya tukik di Pantai Pelangi Kretek Bantul.

Kegiatan ini memiliki alasan, yaitu semakin lama populasi tukik semakin menurun. Hal itu  salah satunya karena sampah tidak dibuang di tempat sampah. Pantai yang kotor pun akan menjadi penyebab menurunnya jumlah populasi tukik. Selain itu, sebagaian masyarakat mengonsumsi tukik sebagai bahan makanan. Padahal tukik sudah menjadi binatang yang langka. Maka PR IPM bersama FALAHI melepaskan tukik-tukik kecil ke pantai agar populasi tukik dapat meningkat kembali.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh kepala dusun Grogol, Kretek, Bantul dan PRM Kretek. Jumlah tukik yang dilepaskan ke alam bebas sebanyak 70 ekor yang sudah siap dilepas. Jumlah tukik ini pun spesial karena jumlahnya sama dengan umur SMA MUhammadiyah 1 Yogyakrta yang mencapai usia 70 tahun.  (Lsb/Ari/Afn)