Moehi English Club Gelar Table Manners

  • Beranda -
  • Moehi English Club Gelar Table Manners
research
  • 14 Februari 2020

Moehi English Club Gelar Table Manners

Yogyakarta (SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta)—Moehi English Club SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada Hari Ahad ( 9/2/2020) melaksanakan Table Manners di Hotel Phoenix Yogyakarta .yang  diikuti 25 siswa dan 2 Pembimbing. Kegiatan ini diawali dengan Opening Ceremony oleh pihak hotel dan dilanjutkan Hotel Tour untuk mendekatkan peserta pada hotel ini yang mempunyai nilai sejarah karena Phoenix hotel merupakan cagar budaya Yogyakarta.

 

Alistyono Pramuhadi selaku pembina Ekstrakurikuler mengungkapkan Table manners ini sangatlah perlu di ketahui oleh para siswa. Etika makan di meja makan sangat diperlukan bila kita mendapat undangan jamuan makan di berbagai negara. “ Dan  saya yakin siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pasti suatu saat akan menemui hal hal yang menyangkut table manners ini, imbuhnya.

 

Menurut Tuntun Ambarwati, Sales Eksekutif hotel mengungkapkan hotel tour ini diperkenalkan kepada peserta agar mereka mengetahui betapa bersejarahnya hotel ini. Kini, The Poenix Hotel Yogyakarta telah menjadi hotel bintang lima, dan berada jantung kota yang strategis letaknya. Hotel ini masih mempertahankan bangunan awalnya yang menjadi ciri dari keunikan bangunan tersebut sebagai fasadnya kendati di halaman belakangnya telah ada penambahan bangunan baru.Berdasarkan Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bangunan The Phoenix Hotel Yogyakarta ini sudah dimasukkan dalam Daftar Entitas Kebudayaan sebagai cagar budaya dengan kode pengelolaan KB001561., tambahnya.

 

Sidiq Kandong selaku Manager Food and Beverage, memandu langsung pelaksanaan Table manners, yang dia wali dengan penjelasan singkat tentang etika dalam jamuan makan.

Table manner sendiri memiliki aturan yang berbeda-beda antar negara. Namun ada etika makan di meja makan yang umum untuk digunakan sebagai standar antara lain sebagai berikut ini :

  • Duduk dengan tegap dan tidak bersandar pada kursi. Saat hendak duduk Anda bisa mengambil sarbet dihadapan Anda dan letakkan diatas pangkuan.Jika sarbetnya besar dapat dilipat menjadi dua bagian.
  • Jika Anda menggunakan tas maka letakkan tas disamping bawah sebelah kanan kursi Anda.
  • Sembari menunggu jamuan datang yang dibawa oleh waiters, jangan letakkan tangan diatas meja makan. Dan sesekali janganlah berbincang-bincang secara berlebihan.
  • Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terimakasih dan kata tolong saat hendak meminta tolong kepada teman Anda.
  • Setelah makanan datang biasanya jamuan terdiri dari tiga tahapan yaitu appetizer, main course dan dessert. Dalam penggunaan alat-alat makan gunakan dari arah luar ke dalam. Selama makan sebaiknya hindari bunyi-bunyian.

 

Itulah beberapa aturan standar yang umumnya dilakukan di meja makan,  pungkasnya.

Pada akhir kegiatan Aisyah Mumtazah dan Nida Thalita selku panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Harapan kedepan kegiatan ini bisa terus berlanjut dan menjadi program sekolah tambahnya. (alp)