• 62-274-563739
  • info@smumuhi-yog.sch.id
  • 62-274-519533

MONACO 2023 SMA MUHI RESMI DITUTUP

10 September 2023

Nida Azizah Kamilah

Editor

Moehi National Competition (MONACO) ke-8 tahun 2023 ditutup, Ahad (10/9). Event tahunan yang diselenggarakan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta ini diikuti 1.645 siswa SMP/SMA sederajat seluruh Indonesia dengan mempertandingkan 17 cabang lomba. Dalam kompetisi selama 2 hari tersebut SMP Muhammadiyah Boarding School Zam Zam Cilongok memboyong piala bergilir Kementerian Pemuda dan Olahraga. Piala dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah diraih oleh Pondok Modern Sabilurrosyad Muhammadiyah. Piala Kemendibudristek diraih MTS Muhammadiyah Bambanglipuro, Bantul. Rangkaian penutupan ini dimulai dengan penampilan band SMA Muhi pada pukul 15.30 WIB di Grha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Tahun ini MONACO mengangkat tema bertema “An Adventure Beyond the Horizon"

Kegiatan penutupan ini dihadiri oleh Dr. Kasiyarno M.Hum selaku Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah PP Muhammadiyah. Selain itu juga hadir H. Gita Danu Pranata, S.E., M.M. selaku Wakil Ketua PWM D.I. Yogyakarta, dan Arif Jamali Muis, S.Pd,. M.Pd. selaku Sekretaris PWM D.I. Yogyakarta. Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Drs. H. Herynugroho, M.Pd., mengatakan bahwa Kompetisi MONACO 2023 yang sangat ketat ini akan sangat bermanfaat untuk seorang pelajar. Mengutip pernyataan Craig Dike, ahli psikolog klinis di Doctor on Demand San Francisco USA, kompetisi dapat mendorong segala spesies untuk bisa bertahan hidup. Kondisi ini mampu mendorong evolusi secara biologis dan psikologis. Kompetisi sangat diperlukan di dalam hidup agar terus maju ke depan menciptakan berbagai inovasi menakjubkan. Kompetisi juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan produktivitas dalam belajar. “Terakhir, kompetisi juga melatih kita untuk memiliki jiwa sportivitas dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi,” papar Herynugroho.

Acara MONACO 2023 ini secara resmi ditutup Dr. Kasiyarno M.Hum selaku Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah PP Muhammadiyah. Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada Muhi karena berhasil menyelenggarakan kegiatan ini. MONACO SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah menjadi event nasional dan telah berlangsung selama 8 tahun berturut-turut dengan peserta dari seluruh Indonesia. “Ini adalah event yang unik, kreatif, bermutu, dan inovatif, bisa menjadi ajang ta’aruf dan silaturahmi pelajar. Yus