Muhi nguri-uri kebudayaan Jawa

  • Beranda -
  • Muhi nguri-uri kebudayaan Jawa
research
  • 04 September 2019

Muhi nguri-uri kebudayaan Jawa

Denting Azzahra Pinasthinastiti kembali mengukir prestasi lewat kejuaraan yang ia ikuti. Siswa tersebut berhasil meraih juara 3 lomba geguritan SMA /SMK tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2019. Kegiatan lomba ini dilaksanakan pada Kamis (29/8) di Joglo Panembahan Kraton Yogyakarta. Ananda Denting Azzahra Pinasthinastiti merupakan siswi kelas XI IPS 3 yang dibawah bimbingan Bapak Aris Hidayat S.Pd dan atas prestasinya tersebut ia berhasil lolos mewakili Kota Yogyakarta melaju ke lomba geguritan tingkat Provinsi DIY.

               lomba geguritan SMA /SMK tingkat Kota Yogyakarta merupakan sebuah agenda rutin yang diagendakan setiap tahun oleh pemerintah untuk menjaring generasi pecinta Budaya Jawa. Setiap sekolah di Kota Yogyakarta mengirimkan siswanya untuk mengikuti lomba yang acaranya tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Peserta lomba merupakan siswa-siswi SMP/MTS dan SMA/MA yang sebelumnya telah diseleksi di tingkat sekolah. Sebelum mengikuti lomba, peserta dibekali melalui workshop tentang berbagai kesenian jawa, budaya kraton dan kegiatan inti yakni materi geguritan.

               Denting Azzahra Pinasthinastiti menempuh serangkaian lomba geguritan ini dan mampu menjadi salah satu yang terbaik. ‘’Ini pengalaman yang sangat berharga, saya bisa sampai pada prestasi ini, dengan bimbingan guru yang hebat dan berpengalaman’’ ungkapnya. Semoga ananda Denting Azzahra Pinasthinastiti bisa kembali meraih prestasi lagi pada lomba geguritan tingkat Provinsi DIY. (Yus/Afn)