PAT ONLINE SMA MUHI

research
  • 16 Juni 2020

PAT ONLINE SMA MUHI

Yogyakarta (12/6), patuhi protokol Covid-19 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) menggunakan sistem jarak jauh/online.  Naskah soal PAT dapat dikerjakan di rumah menggunakan gawai atau komputer jinjing dengan memasuki sistem aplikasi pembelajaran (e-learning) dengan sebutan Learning Management System (LMS).

                  Marsuni, S.Pd., selaku wakaur Kurikulum SMA Muhi menuturkan bahwa kegiatan test Online ini bukan kali pertama. “Jauh sebelum Covid-19, sekolah sudah mengaplikasikan pembelajaran online hingga evaluasi pembelajaran. Berhubungan dengan Covid-19, kini pengembangan sistem LMS terus ditingkatkan, sehingga meminimalisir kendala dan kenyamanan peserta didik,” terang beliau.

                  Sebelumnya, dalam rangka menjalankan protokol Covid-19 evaluasi pembelajaran Penilaian Tengah Semseter (PTS) serta  Ujian Sekolah turut menggunakan sistem LMS. Evaluasi pembelajaran/PAT berlangsung lancar, peserta didik dapat mengerjakan dengan baik di kediaman dan pendampingan orang tua/wali. PAT online berlangsung pada tanggal 4 s.d. 18 Juni 2020.

Waktu login setiap siswa terekam di sistem sehingga panitia dan wali kelas mudah dalam mengidentifikasi siswa yang terlambat bahkan yang tidak mengikuti PAT mata pelajaran yang tersebut. Ketidakikutsertaan siswa dalam PAT langsung dapat terekam oleh sistem untuk dikomunikasikan oleh wali kelas pada orang tua dan diminta menempuh PAT susulan. Kendala teknis dalam pengerjaan soal dapat dirunut melalui system berdasarkan tampilan jawaban siswa.(Ich/Msn)