Pelantikan Anggota PASTI Pasukan Inti Angkatan ke-34 SMA Muhi tahun 2018

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
Pelantikan Anggota PASTI Pasukan Inti Angkatan ke-34 SMA Muhi tahun 2018

Pada hari Sabtu-Ahad, 6-7 Oktober 2018, Pasukan Inti SMA Muhi yang biasa disebut PASTI Muhi siap untuk dilantik. Pelantikan PASTI dilakukan setiap tahun dengan anggota baru di kelas X pada tahun ajaran tersebut. Peserta pelantikan PASTI terdiri dari dua pleton yaitu satu pleton putra dan satu pleton putri. Tahun ini merupakan pelantikan anggota PASTI yang ke-34 atau angkatan PASTI ke-34. Untuk menjadi anggota Pasukan Inti (PASTI) harus melalui tahapan seleksi yang ketat. Selain kekuatan fisik, komitmen menjadi seorang anggota PASTI yang selalu dituntut untuk disiplin dan menjadi contoh untuk yang lain menjadi syarat utamanya.

                Pada tahun ini, pelantikan PASTI dilakukan mulai pukul 12.30 pada hari Sabtu dan diakhiri pada hari Ahad sekitar pukul 08.00. Pelantikan PASTI dilakukan dengan tujuan untuk memperkokoh solidaritas setiap angkatan dan memberikan bekal untuk anggota PASTI ke depan. Kegiatan pelantikan PASTI meliputi pembekalan tentang baris berbaris, pengenalan PASTI, tata krama pasukan, renungan dan pengukuhan anggota. Menurut Bapak Bimo Hanggoro selaku pembina ekstrakurikuler PASTI, kegiatan pelantikan ini dimaksudkan sebagai salah satu proses regenerasi dengan harapan anggota yang dilantik dapat menggantikan kakak angkatan dalam menjalankan program kerja PASTI. Kegiatan ini didukung oleh sekolah terutama bidang Kesiswaan karena PASTI merupakan kegiatan ekstrakurikuler dibawah naungan Wakaur Kesiswaan.

                Selain menunjang Pengembangan Pendidikan Karakter (PPK) dan memupuk nasionalis, pelantikan PASTI juga menitikberatkan dalam hal kebersamaan, kekeluargaan, kekompakan dan kerjasama antara peserta. Pelantikan kali ini juga membuat setiap peserta mengerti apa itu tanggungjawab dan resiko dari masing-masing tugas yang diberikan. Semoga kegiatan yang positif ini memberikan dampak yang positif juga untuk perkembangan PASTI di SMA Muhi. PASTI Muhi siap berkiprah di dalam maupun di luar sekolah, tutur beliau Bapak Bimo Hanggoro selaku pengampu ekstrakurikuler PASTI. (Ank/Dms)

Article  Maryanto