• 62-274-563739
  • info@smumuhi-yog.sch.id
  • 62-274-519533

PENGAJIAN DAN PEMBINAAN MENTUM BERMUHASABAH

31 Juli 2022

Adam Ahakim

Editor

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta secara rutin menggelar pengajian bulanan dan pembinaan bagi guru dan tenaga kependidikannya. Pada hari Jumat, 29 Juli 2022 sekolah kembali menggelar kegiatan ini. Pembukaan dilakukan dengan melantunkan ayaut suci Al-quran yang dibawakan oleh Bapak Ahmad Afandi, S.Th.I. Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Bapak H. Herynugroho, M.Pd menyampaikan informasi tetang evaluasi kegiatan sekolah yang telah terlaksana dan persiapan program akan datang seperti persiapan akreditasi sekolah, kegiatan bimbingan konseling (BK), eksrkurikuler, riset, dan lain-lain. “Tetap semangat dan selalu berikan yang terbaik untuk Muhi tercinta,serta jangan lupa jaga kesehatan Bapak Ibu”, ujar Bapak Herynugroho.

Kegiatan pembinaan dilanjutkan dengan acara pengajian ang diisi oleh Ustad Mahfud Khoirul Amin, S.IP. M.A selaku trainer dan Kepala Program Unires UMY. Beliau menyampaikan materi "bulan haram dan keutamaanya”. Mengingat tanggal 30 Juli 2022 memasuki salah satu bulan tersebut. Bulan haram artinya bulan yang yang dimuliakan. Dalam satu tahun terdapat 4 bulan haram yaitu Dzulkaidah, Dzulhijah, Muharram, dan Rajab. Sebagai seorang muslim yang perlu dikerjakan dalam memaknai bulan haram yaitu meningkatkan atau memperbanyak amalan seperti sholat, zakat, puasa, dan ibadah lainnya.

"Ingat kerja itu cuma selingan sambil nunggu waktu sholat”, pungkas ustad Khoirul. Selain perbanyak ibadah, yang perlu dilakukan yaaitu perbanyak taubat. Semua orang punya salah dan sebaik-baiknya orang salah adalah yang bertaubat. Dimensi bertaubat meliputi menyadari kesalahan, menyesali kesalahan, mohon ampun kepada Allah SWT, berjanji tidak mengulangi, dan menutupi kesalahan dengan amal sholeh. Yuk bertaubat sebelum terlambat, jangan sampai kita sadar umur kita sudah tidak ada! (ADM)