Penyuluhan Bahaya Klithih

  • Beranda -
  • Penyuluhan Bahaya Klithih
research
  • 01 Februari 2020

Penyuluhan Bahaya Klithih

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggalakkan pembinaan. Hal ini dilakukan guna menekan angka kejadian klithih bahkan tawuran antarpelajar. Upaya pembinaan ini berupa penyuluhan.  Penyuluhan dilaksanakan pada Senin, 27 Januari 2020 di ruang Graha Assakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Peserta penyuluhan tahap pertama ini adalah Peserta Didik Kelas X.  Menghadirkan narasumber dari Binmas POLDA DIY yakni Bapak I Made Muliawan didampingi oleh Bapak Lilik Hermawan. Beliau menuturkan bahwa penyakit remaja yaitu tingkat emosional yang labil sehingga mudah terprovokasi. Hal ini memicu gesekan antar sekolah.

Kepala Sekolah, Ibu Fitri Sari Sukmawati, M.Pd., mengimbau agar peserta didik menjunjung tinggi nilai dan norma agama. Dengan berpegang teguh pada ajaran agama dan meningkatkan keimanan masing-masing peserta didik dapat membentengi diri dalam meluasnya pergaulan di antara remaja saat ini.

Pihak sekolah melarang peserta didik terlibat dalam aksi kekerasan dan kriminalitas seperti klitih. Jika terbukti terlibat, peserta didik dikenakan sanksi sesuai hukum perundang-undangan dan sanksi sesuai, aturan yang berlaku dari sekolah. Sekolah pun telah memberikan penyuluhan dan himbauan bahkan pembinaan melalui peran Bimbingan Konseling agar meredamkan gejolak emosional peserta didik dari maraknya klitih. (RJ/AFN/ARI)