PERAN IPM SMA MUHI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  • Beranda -
  • PERAN IPM SMA MUHI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
research
  • 07 Mei 2019

PERAN IPM SMA MUHI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar (PR IPM) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengadakan acara pengajian akbar dan sembako murah dalam rangka peresmian renovasi masjid Al-Hidayah Bangunsari, Candirejo, Semin, Gunungkidul pada Ahad, 28 April 2019. Renovasi masjid merupakan salah satu program PR IPM SMA Muh. 1 Yk  yang langsung bersinggungan dengan masyarakat. Peresmian ini dilakukan oleh Wakil Bupati Gunung Kidul, Dr. Immawan Wahyudi. Dalam pidatonya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak SMA Muhammdiyah 1 Yogyakarta yang telah membantu merenovasi masjid. Renovasi ini telah berlangsung dari bulan Januari hingga April 2019 dengan dana yang dikeluarkan sekitar 90 juta rupiah. Dana ini didapat dari infaq siswa SMA Muhi, donator dari keluarga besar SMA Muhi serta iuran warga setempat.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan  pengajian yang diisi oleh dr. Agus Taufikurrahman, Sp.S ketua PP Muhammadiyah. Adapun hal yang disampaikan adalah pentingnya memakmurkan masjid dan kesiapan menghadapi bulan Ramadhan. Kegiatan ini dihadiri oleh 500 jamaah dari sekitar Candirejo. Selain itu  dihadiri oleh perangkat desa setempat, pimpinan ranting Muhammadiyah Candirejo, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Semin, rombongan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah  85 orang. Setelah pengajian usai, masyarakat dipekenankan menukarkan kupon sembako murah seharga minimal 5.000 rupiah. Dari total 200 paket sembako yang dijual murah ini hasilnya diserahkan kepada takmir dan menjadi kas masjid .

Selain renovasi masjid Al-Hidayah, kerjasama antara PR IPM SMA Muh 1 Yk dengan masjid binaan PRM Candirejo adalah berupa investasi kambing berjumlah 5 ekor untuk dipelihara jama’ah masjid. "Walaupun hanya 5 ekor kambing harapannya menjadi pintu awal IPM MUHI ikut membantu perekonomian masyarakat dan ini upaya pemberdayaan masyarakat," ucap IPMawan Fisnu Luthfi selaku ketua umum IPM MUHI.  Disamping 5 ekor kambing dari PR IPM SMA Muhi, wakil Bupati Gunungkudul Dr. Immawan Wahyudi juga menyumbangkan 1 ekor kambing betina untuk diternakan. (SYD/DS)