Prestasi Muhi di Olimpiade Geologi Melange 2019

  • Beranda -
  • Prestasi Muhi di Olimpiade Geologi Melange 2019
research
  • 03 Oktober 2019

Prestasi Muhi di Olimpiade Geologi Melange 2019

Selasa-Kamis, 24-26 September 2019 dua siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yaitu Hafid Syakhur Rais dan Irza Ganesha Pramono berkesempatan mengikuti olimpiade geologi melange (OGM) 2019. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BIKK-LIPI). Keduanya siswa tersebut terpilih mengikuti OGM 2019 setelah menyusun esai dan poster ilmiah tentang Pengembangan Geowisata Di Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong Berbasis Mitigasi Bencana. Poster ilmiah tersebut dsusun bersama gurup pembimbingnya yaitu Ibu Anes Pramesti,S. Pd.

Kegiatan ini diikuti 25 tim/sekolah se-Indonesia dengan satu tim beranggotakan dua orang. Kegiatan hari pertama diawali dengan pembukaan, tes teori dan praktik penggunaan alat-alat geologi. Sebelum memulai praktik, para peserta dikenalkan dengan berbagai macam peralatan geologi seperti kompas geologi, palu geologi, HCl dan loop. Peralatan tersebut digunakan saat kegiatan lapangan pada hari kedua yang bertempat di kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung. Sementara itu, pada waktu yang bersaman para guru pembimbing mengikuti rangakaian acara outbond di Brujul Adventure Park. Peserta diharapkan mampu membuat laporan dan mempresentasikan hasil kegiatan lapangan kepada dewan juri pada malam hari dan keesokan harinya.

Rangkaian acara OGM 2019 diakhiri dengan Kuliah Geologi Melange Karangsambung dan pengumuman kejuaraan. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berhasil mendapat penghargaan kategori lima poster terbaik. Penghargaan ini menjadi pengalaman bagi siswa.  Salah satunya Hafid menyampaikan bahwa ini adalah pengalaman yang luar biasa, walaupun belum mendapat hasil terbaik tetapi lomba di Karangsambung menambah pengetahuan yang sangat berharga. Semoga ini menjadi pelajaran untuk menghadapi peelombaan berikutnya, terutama OSN.  (Agung/Ari)