• 62-274-563739
  • info@smumuhi-yog.sch.id
  • 62-274-519533

PROGRAM SEKOLAH HIJAU : BUDIDAYA SAYUR HIDROPONIK

05 November 2022

Adam Ahakim

Editor

Dalam rangka mendukung program Sekolah Adiwiyata, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta bekerja sama dengan Dewa Phonik Kota Gede  mengembangkan budidaya tanaman sayur hidroponik.“Setelah mengikuti pelatihan tanam hidroponik yang diselenggarakan oleh Dewa Phonik Kota Gede  dan melihat adanya potensi tanaman hidroponik, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta  tertarik untuk melakukan budidaya tanaman yang dikembangkan dengan menggunakan media air yaitu sistem hidroponik” kata Ganang Suseno, SE selaku ketua tim kegiatan.

Dijelaskannya, hidroponik merupakan metode menanam tumbuhan tanpa menggunakan media tanah, karena cara menanam ini memanfaatkan solusi nutrisi mineral yang ada di dalam air alias menjadikan air sebagai media tanam.“Bercocok tanam ala hidroponik ini dapat membuat tanaman mendapatkan nutrisi dengan menggunakan air. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman hidroponik lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan tanam konvensional pada umumnya” kata Ganang Susena, SE.

Guna mensukseskan program Sekolah Adiwiyata melalui Program Sekolah Hijau, berbagai upaya telah dilakukan tidak hanya pelatihan dan edukasi tetapi juga melakukan aplikasi dan aksi nyata di sekolah. Selain itu Program Sekolah Hijau melalui budidaya tanam hidroponik nantinya dapat dijadikan sebagai proyek penugasan siswa melalui kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka. Untuk sementara mulai pembibitan dan pemeliharaan ditangani oleh tim komunitas praktek hidroponik Muhi yang terdiri dari anak-anak kelas X dan XI yang tergabung perwakilan dari HW, Falahi dan kader Lingkungan Hidup IPM, mereka secara bergantian sesuai dengan pembagian jadwal untuk merawat setiap hari. Jenis tanaman hdroponik sementara yang dikembangkan adalah : Selada hijau dan merah, pakcoy, selederi, kangkung dan bayam Brasil serta tanaman mint.Yus