Selamat Datang Anggota Napak Fala XXVI di Keluarga Falahi SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
Selamat Datang Anggota Napak Fala XXVI di Keluarga Falahi SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Di penghujung libur semester 1 tahun pelajaran 2017/2018, tepatnya hari Jum’at sampai Ahad, 29-31 Desember 2017, Falahi SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengadakan Diksar (Pendidikan Dasar) bagi anggota baru ekstrakurikuler Falahi. Diksar merupakan proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang sebagai usaha mendewasakan cara berfikir melalui pengajaran dan pelatihan. Dua hal pokok yang menjadi tujuan diksar adalah perubahan perilaku dasar manusia dimana setiap peserta diksar dididik dan digembleng sifat - sifat dan tingkah laku positif seperti kejujuran, kedisiplinan, tanggungjawab, kreativitas, mental, semangat juang, kemandirian, dan banyak hal positif lainnya. Tujuan yang lebih spesifik adalah memberikan pembekalan terhadap dasar - dasar ilmu pecinta alam seperti navigasi darat, survival, PPGD/P3K dan SAR yang merupakan modal dasar bagi para peserta melakukan kegiatan di alam sehingga aman dan yang paling penting adalah selamat sampai pulang, jelas Bapak Riksanto selaku pembina Falahi.

Kegiatan diksar dilaksanakan di bukit Turgo, Sleman dan didukung sepenuhnya oleh bidang kesiswaan termasuk perizinan juga diberikan oleh Waka Kesiswaan. Kegiatan ini juga dihadiri Bapak Tri Hari Nurdi, Ibu Syadah dan Ibu Absari sebagai pendamping dari sekolah. Hari pertama diisi dengan acara penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara langsung oleh peserta diksar. Malam hari, peserta diksar diminta tinggal di lokasi tracking dengan peralatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kegiatan ini bersifat outdoor dan pihak panitia sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan penuh hati-hati. Hari kedua, dilaksanakan tracking menuju lokasi camp kedua yang merupakan tempat acara inti yaitu di lembah cinta tepatnya di lereng Gunung Merapi. Di akhir acara dilakukan penyematan slayer Falahi kepada anggota baru Napak Fala XXVI sebagai tanda bahwa peserta sudah resmi menjadi anggota Falahi.

Tangis harus mewarnai penyematan slayer tersebut, mengingat perjuangan dari peserta, panitia dan semua pihak selama tiga hari untuk survive di alam bebas. Bapak Tri hari Nurdi, S.Pd selaku perwakilan sekolah menyampaikan selamat kepada para anggota baru dan ucapan terimakasih kepada pembina, alumni dan seluruh panitia yang sudah mempersiapkan acara tersebut dengan sangat baik. Selamat datang anggota baru Napakpala XXVI semoga bisa mengemban amanah dan mamberikan kontribusi yang besar untuk Falahi, Muhi dan untuk Indonesia. (Ank)

Falahi!!!

Merangkak, Menapak, Berjaya..

Article  Maryanto