SIAP SEJAK DINI DENGAN RKJM

  • Beranda -
  • SIAP SEJAK DINI DENGAN RKJM
research
  • 24 April 2021

SIAP SEJAK DINI DENGAN RKJM

Kompetisi dalam dunia pendidikan kini berlangsung semakin ketat dan tajam hampir tiada batas. Sekolah yang tidak mampu bersaing akan tertinggal dan terseleksi oleh keadaan. Oleh karena itu, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta selalu mengembangkan dan meningkatkan sumber daya yang dimiliki, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Salah satu caranya adalah mempersiapkan diri secara matang dengan menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) untuk menghadapi masa yang akan datang. Rencana Kerja Jangka Menengah adalah rencana program sekolah untuk empat tahun. Dalam RKJM dipaparkan segala evaluasi dan rencana yang meliputi standar kompetensi lulusan, isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian.

Penyusunan RKJM ini dilakukan oleh tim yang telah ditentukan kepala sekolah. Tim ditugaskan mengembangkan RKJM, mereviu dan merevisi rancangan RKJM secara bersama-sama, dan memfinalisasi hasil revisi RKJM. Pelaksanaan mereviu dan merevisi dilakukan secara bersama-sama dan langsug pada tanggal 7,8,19 dan 23 April 2021 di ruang Multimedia. Namun sebelumnya, kegiatan dibuka pada tanggal 23 Maret 2021 dan dihadiri oleh Drs. Bapak Bambang Supriyono, M.M., M. Pd (pengawas sekolah) dan Ibu Dra. Hj. Sri Istifadah,M.Si. (perwakilan Mejelis Dikdasmen PDM). Pada hari berikutnya, masing-masing tim presentasi tentang rancangan RKJM kemudian dikoreksi oleh tim lainnya.

Bapak Drs.H. Herynugroho, M. Pd. selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa RKJM menggambarkan tujuan yang akan dicapai sekolah dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan. Perencanaan yang baik pada suatu kegiatan adalah awal dalam meraih kesuksesan. Penyusunan RKJM ini memberikan banyak peluang bagi manajemen sekolah untuk mengelola segala sumber daya yang ada di sekolah dengan cara terbaik, efektif dan efisien, untuk mendapatkan prestasi terbaik, dan memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik. (ARI/HN)