SISWA MUHI WAKIL GENERASI HIJAU DIY

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
SISWA MUHI WAKIL GENERASI HIJAU DIY

Ananda Haidar Ahmad Noorlesmana, siswa kelas X IPS 2 menjadi salah satudari 8 orang delegasi DIY yang mengikutiJambore Nasional Generasi Hijau ke IV. Kegiatan ini diadakan oleh Green Generation Indonesia yang merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang lingkungan. Melewati proses seleksi yang ketat dengan penjaringan seluruh Indonesia, Ananda Haidar lolos melaju ke Nasional.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 28 - 4 April 2018, bertempat di Kabupaten Siak Sri Indrapura, Prov. Riau. Ananda memperoleh ilmu dan motivasi untuk selalu menjaga lingkungan hidup demi keberlangsungan ekosistem alam terutama di Indonesia yang menjadi paru-paru dunia. Kegiatan ini di ikuti oleh 210 siswa/i SMA dari seluruh Indonesia dan didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Organisasi Lingkungan dari Malaysia RCOOM Lestari. Kegiatan ini diawali dengan workshop oleh kementerian-kementerian dan dinas terkait, lalu dilakukan studi visit kedaerah-daerah hijau dan tempat bersejarah yang ada di Siak. Kunjungan kedua dilakukan di perusahaan nasional yakni Badan Operasi Bersama PT. Bumi Siak Pusako – Pertamina Hulu (BOB PT. BSP-PH) dan PT. Indah Kiat Pulp and Paper yang merupakan perusahaan perminyakan dan kertas berskala nasional maupun internasional. Saat itu Ananda Haidar bertemu dengan alumni dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun 1981, Bpk. Amin Budyadi yang menjabat sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan kab. Siak. Pada saat itu Beliau menitipkan buku yang berjudul “ Taman Nasional Zamrud ” karangan beliau sendiri.

Dalam kesempatan ini Rafli Rezatama selaku Plt. Presiden Green Generation Indonesia member pesan kepada seluruh peserta agar dapat berkontribusi di sekolah maupun di luar sekolah. “ Kami berharap besar kepada para peserta agar dapat menjadi generasi yang mencintai lingkungan dan dapat menjaga alam bumi pertiwi ” ujarnya di sela-sela sambutan. Ayo kita dukung Bersama Ananda Haidar untuk menjaga alam lingkungan untuk Muhi yang hijau khususnya dan menjadikan Indonesia tetap pada julukannya sebagaiparu-paru dunia.

Article  Maryanto