SMA Muhi berbagi di Hari Raya Qurban 1438 H

  • Beranda -
  • SMA Muhi berbagi di Hari Raya Qurban 1438 H
research
  • 03 September 2017

SMA Muhi berbagi di Hari Raya Qurban 1438 H

Hari raya qurban jatuh pada tanggal 1 September 2017 atau bertepatan dengan 10 Dzulhijah 1438 H. Sudah menjadi agenda tahunan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melaksanakan amalan qurban yaitu menyembelih hewan qurban pada hari kedua lebaran IdulAdha, 11 Dzulhijjah 1438 yg bertepatan tanggal 2 September 2017. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00, seluruh panitia amalan qurban berkumpul di depan Pesantren As-Sakinah. Pada tahun ini, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melakukan penyembelihan 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Kegiatan mencacah daging dilakukan oleh seluruhpanitia. Ba'dadhuhur, panitia amalan qurban mulai membagikan daging qurban pada masyarakat sekitar.Terdaftar 400 kartu pengambilan yang  dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Selain melakukan penyembelihan hewan qurban di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, tim baksos SMA Muhi juga mengadakan penyembelihan hewan qurban di SD Muhammadiyah Bendo Banjaroyo yg bertempat di kecamatan Kalibawang dan MIM NogosariPurworasi yang bertempat di Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo.

SMA Muhi telah melakukan kerjasama dengan PDM Kulonprogo dalam pengiriman dai saat Ramadhan yang dikenal dengan istilah Mubaligh Hijrah dan Baksos Hewan qurban di Bulan dzulhijjah selama dua tahun ini. Kegiatan baksos hewan qurban SMA MUHI Yg pertama di salah satu desa di kecamatanGirimulyo yang menjadi desa binaan dan menjadi tempat Kegiatan Muballigh Hijrah siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kegiatan baksos kedua di SD Muhammadiyah Bendo Banjaroyo kecamatan Kalibawang. Kegiatan baksos tersebut melibatkan seluruh warga sekolah beserta walimurid dan masyarakat sekitar dengan agenda pengajian yang diisioleh Ketua PDM Kulonprogo, Beliau Bapak Syaifuddin Djaesan, S.Sy, S.Th.I.

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melakukan baktisosial terutama di sekolah-sekolah Muhammadiyah dengan tujuan syiar untuk mendekatkan Muhammadiyah (AUM) kepada masyarakat. Hal ini sering sekali diutarakan olehBapakKepalaSekolah, Bapak Tri IsmuHusnanPurwono, S.H.,MM beserta majelis dikdasmen bahwasanya antara sekolah Muhammadiyah harus saling membantu untuk maju bersama.