SMA MUHI GELAR CAREER DAY 2019

  • Beranda -
  • SMA MUHI GELAR CAREER DAY 2019
research
  • 29 Januari 2019

SMA MUHI GELAR CAREER DAY 2019

Senin, 21 Januari 2019, siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (MUHI)  kelas XII dan orang tua atau wali murid   mengikuti career day yang berlangsung di Graha As-Sakinah. Kegiatan career day yang merupakan agenda tahunan SMA MUHI tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi tentang pemaparan regulasi terbaru penerimaan mahasiswa ke PTN dan PTS.  "Terdapat tiga jalur untuk masuk perguruan tinggi yaitu melalui SMPTN, SBMPTN, dan UTUL/Mandiri. Hal yang membedakan pada tahun ini adanya UTBK/ Ujian Tulis Berbasis Komputer," ujar  drh. Agung Budiyanto, MP.,Ph.D selaku perwakilan dari LPMPT (Lembaga Penjamin Mutu Perguruan Tinggi). Beliau juga menambahkan UTBK akan menjadi syarat wajib masuk PTN melalui jalur SBMPTN dan Ujian Mandiri/Utul. UTBK dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam waktu yang dapat ditentukan siswa. Hasil dari tes dipilih yang tertinggi dan dijadikan siswa dalam memilih jurusan. Selain itu, nilai UTBK digunakan untuk menambah nilau ujian tulis siswa dalam jalur Utul. Sedangkan Dr. Siti Dyah Handayani, SE.,M.Si sebagai pemateri kedua yang memaparkan tentang PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah). Beliau menjelaskan terkait dengan UAD, UNISA, dan UMY.

Sebelum acara sesi pertama, career day diisi sambutan dari kepsek dan ketua komite MUHI. Dalam sambutannya,  kepsek mengharapkan siswa kelas XII selalu menghormati ortu dan orang tua senantiasa mendoakan Ananda agar dipermudah dalam pelaksanaan ujian. Selain itu, Bapak Iriyanto selaku ketua komite SMA MUHI juga menyampaikan motivasi kepada siswa dan orang tua. "Bersungguh2 mulai hari ini! Kepanjangan kata SUKSES adalah Siap sejak dini, Usaha dan doa, Keyakinan diri yang terus ditumbuhkan, Sehat jiwa dan raga, Energi positif yang harus mengalir sepanjang waktu dan Sabar, kata Bapak Iriyanto dengan bersemangat.

Pada sesi terakhir diadakan sosialisasi UPN, UGM, UNDIP. Namun, terdapat beberapa PTN/PTS yang terlibat yang diundang sebelum puncak acara career day, yaitu Universitas Telkom, Asia University, IPB, ITB, Universitas Brawijaya, IUP UGM. Kegiatan pameran ini memberikan kesempatan bagi kampus – kampus untuk melakukan presentasi. Tiap-tiap kampus diwakili oleh alumni MUHI sehingga siswa mendapat motivasi serta  pengalaman cara jitu masuk PTN/PTS. Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Bapak Denny Sulistiyanta, S.Pd. mengatakan bahwa kegiatan carrer day bertujuan  memberikan pembekalan kepada para siswa kelas XII untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya. Harapannya kegiatan ini  memberikan gambaran tentang bagaimana langkah selanjutnya untuk menentukan jurusan ketika akan kuliah sehingga para siswa tidak salah memilih jurusannya. (ARI/DENY/NIDA)