• 62-274-563739
  • info@smumuhi-yog.sch.id
  • 62-274-519533

SMA MUHI GELAR SEMINAR NASIONAL BAGI GURU BK

16 September 2022

Adam Ahakim

Editor

SMA Muhi Yogyakarta menggelar Seminar Nasional dengan tema “Karakter Bermedia Sosial pada Siswa: Tantangan, Tugas, dan Peran Guru BK”.  Seminar ini dilaksanakan secara semi daring atau hybrid. Kegiatan berlangsung pada Kamis, 15 September 2022 pukul 08.00 – 11.30 WIB di Grha Assakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Adapun pematerinya adalah Fathur Rahman SPd MSi, Dosen Bimbingan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang membahas penanaman karakter bermedia sosial. Pembicara kedua adalah Dr. Dody Hartanto MPd Dosen Bimbingan Konseling UAD Yogyakarta sekaligus Wakil Dekan FKIP UAD yang membahas tentang penanganan anak dengan kecanduan game online. Menurut koordinator BK Edo Lestari, S.Pd kegiatan ini diikuti oleh sekitar 400 guru BK dari seluruh Indonesia baik yang mengikuti secara tatap muka maupun yang secara online melalui zoom.

Menurut Kepala SMA Muhi Drs. H Hery Nugroho, M.Pd Pendidik merupakan ini depan peningkatkan kualitas sumber daya manusia. Guna mencapai peran professional tersebut, pendidik harus memadukan kualitas dan integritas. Peran pendidik semakin berat ketika harus menghadapi peserta didik yang kecanduan gadget / HP dan game online. Hadirnya revolusi industri 4.0, telah memunculkan tantangan dan peluang di berbagai bidang, secara khusus kehadiran revolusi industri 4.0 juga menjadi tantangan dan peluang bagi profesi bimbingan dan konseling.

“Tujuan dilaksanakan seminar ini untuk mengembangkan komitmen professional dan akuntabilitas Guru BK dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas layanan BK sesuai perkembangan peserta didik” pungkas beliau. Pada kesempatanini juga dilakukan penyerahan kejuaraan lomba best practice bagi Guru BK tingkat nasional. Adapun juara 1 diraih oleh Nurbowo Budi Utomo, M.Psi dari SMP N 15 Yogyakarta, Juara 2 diraih oleh Emilia Nurpitasari S.Pd dari SMA Al Muttaqin Tasikmalaya dan juara 3 diraih oleh Diyah Fitriasti Khoirunnisa dari SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung kidul. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Yus