SOCIAL WORKER SMA MUHI 2018

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
SOCIAL WORKER SMA MUHI 2018

Charles Zastrow mengatakan bahwa Social Worker (Pekerjaan Sosial) merupakan kegiatan profesional untuk membantu individu-individu, kelompok-kelompok dan masyarakat guna meningkatkan atau memperbaiki kemampuan mereka dalam berfungsi sosial serta menciptakan kondisi masyarakat yang memungkinkan mereka mencapai tujuan. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dalam hal ini melakukan Social worker pada tanggal 9-12 April 2018 di tempat-tempat pendidikan muhammadiyah, mulai dari TK ABA sampai SMP Muhammadiyah.

Kegiatan social worker ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, pelaksananya adalah kelas XI MIPA dan IPS, dari tiap-tiap kelas sebelum melakukan SW terlebih dahulu melakukan survey yang bertujuan melihat keadaan tempat dan kemudian merencanakan langkah apa yang akan mereka lakukan untuk membantu sekolah tersebut, dari tiap kelas melakukan penggalangan dana bahkan ada 1 kelas yang berhasil mengumpulkan 18 juta dalam SW ini.

Semoga kegiatan SW ini dapat meningkatkan kemampuan fasilitas sekolah yang menjadi tujuan SW dan semoga dari peningkatan fasilitas ini dapat meningkatkan kemampuan SDM maupun kualitas dalam pendidikan Muhammadiyah. (aji/dms/lia)

 

Berikut data pelaksanaan Social Worker 2018.

Social Worker XI MIPA 1

Bertempat di SD Muhammadiyah Jrakah yang beralamat di Hargosari, Tanjungsari, Gunung Kidul pada hari senin, 9 Maret 2018. Dengan total dana yang disalurkan RP 13.625.000. Kegiatan yang dilakukan berupa Lomba-lomba,  pemberian fasilitas belajar kepada pihak sekolah dan pemberian alat tulis untuk siswa.

Social Worker XI MIPA 2

Bertempat di SD Muhammadiyah Argosari, Bantul pada hari Kamis, 12 April 2018.  Dengan dana yang terkumpul Rp. 10.625.000. Kegiatan yang dilakukan berupa perlombaan antar siswa, penyuluhan tentang bahaya rokok dan anti bullying, serta bekerjasama dengan perpustakaan SMA Muhammdiyah 1 Yogyakarta untuk membuka perpustakaan keliling untuk menumbuhkan keinginan suka membaca serta bantuan buku untuk sekolah yang bersangkutan 10.625.000

Social Worker XI MIPA 3

Bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Tanjungsari yang beralamat di Hargosari, Tanjungsari, Gunung Kidul pada hari senin, 9 Maret 2018. Dengan total dana yang disalurkan RP 18.300.000. Kegiatan yang dilakukan berupa Lomba-lomba,  pemberian fasilitas belajar kepada pihak sekolah pembuatan plang papan nama sekolah dan pemberian alat tulis untuk siswa.

Social Worker XI MIPA 4

Bertempat di TK ABA Beran, Kulonprogo yang beralamat di Dukuh VII, Bugel, Panjatan, Kulonprogo pada hari Senin, 9 April 2018. Dengan total dana yang disalurkan baik dalam bentuk uang maupun barang adalah RP 13.200.000. Kegiatan yang dilakukan berupa lomba-lomba untuk anak-anak TK, pengadaan barang-barang yang dibutuhkan di TK serta renovasi toilet dengan memasang atap, pengecatan ulang dan memasang pintu. Serta memberikan sejumlah uang untuk operasional.

Social Worker kelas XI MIPA 5

Bertempat di Panti Asuhan Basa Klepu yang beralamat di desa Klepu, Rt 01, Rw 01 Suberarum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Dengan total dana yang disalurkan Rp 16.425.000 berupa biaya operasional dan dibelanjakan untuk kebutuhan-kebutuhan panti. Kegiatan yang dilakukan adalah kerja bakti membersihkan dan merapikan seluruh ruangan yang ada di Panti Asuhan Basa, renovasi dan pengecatan tembok, lomba-lomba yang bertema keakraban, pengajian akbar dan ditutup dengan pemberian bantuan kepada santri Panti dan kepada pihak Panti.

Social Worker Kelas XI MIPA 6

Bertempat di TK ABA Tengahan yang beralamat di Minggir, Sleman. Dengan dana yang dikumpulkan Rp. 6.000.000. Kegiatan yang dilakukan adalah lomba-lomba bagi anak TK serta pengadaan fasilitas sekolah.

Social Worker Kelas XI MIPA 7

Bertempat di MI Muhammadiyah Munggur, Ngeposari, Semanu, Gunungidul. Dengan dana yang terkumpul RP 12.408.000.Kegiatan yang dilakukan adalah pembiasaan shalat dhuha, tadarus, hafalan doa dan surat pendek, nonton film bersama , lomba-lomba dan penyerahan bantuan kepada pihak sekolah

Social Worker Kelas XI MIPA 8

Bertempat di TK ABA Pandeyan Bangunharjo Sewon Bantul. Dengan dana yang dikumpulkan kurang lebih Rp. 12.000.000. Kegiatan yang dilakukan adalah lomba-lomba bagi anak TK serta pengadaan fasilitas sekolah yang bertujuan memperindan dan meningkatkan fasilitas sekolah.

Social Worker Kelas XI IPS 1

Bertempat di TK ABA Saren, Sumber Rahayu, Moyudan, Sleman. pada hari Selasa, 10 April 2018. Dengan dana yang terkumpul sebanyak Rp. 6.900.000. Kegiatan yang dilakukan berupa pengadaan tanaman untuk taman, bersih-bersih, penambahan fasilitas TK, pengecatan permainan anak, Lomba-lomba, dan pengadaan mukena dan sarung untuk semua siswa.

Social Worker Kelas XI IPS 2

Bertempat di SD Muhammadiyah Ngijon 2, Sumber Agung, Moyudan, Sleman. pada hari Rabu dan kamis, 11 dan 12 April 2018. Dengan dana yang terkumpul sebanyak kurang lebih Rp. 9.500.000. Kegiatan yang dilakukan berupa pengadaan tanaman untuk taman, bersih-bersih, penambahan fasilitas SD, Lomba-lomba, dan pengadaan 6 buah tong sampah, doorprize untuk 8 guru honorer di SD tersebut pelaksanaan SW kelas ini digabung dengan TK setempat bertujuan meramaikan kegiatan tersebut dengan lomba mewarnai.

Social Worker Kelas XI IPS 3

Bertempat di TK ABA Kedungrejo yang beralamat di desa Kedungrejo, Karangsari, Kulonprogo pada hari Senin, 9 April 2018. Dana yang terkumpul sebanyak Rp. 15.380.000. Kegiatan yang dilakukan diantaranya tadarus, lomba mewarnai, membersihkan dan merapikan sekolah, Pengajian wali murid TK, dan pemberian bantuan bahan bangunan seperti pasir, semen, cat dan keperluan lainnya.

Article  Maryanto