TAFAKKUR ALAM DI GUNUNG PRAU, DIENG

  • Beranda -
  • TAFAKKUR ALAM DI GUNUNG PRAU, DIENG
research
  • 23 Oktober 2019

TAFAKKUR ALAM DI GUNUNG PRAU, DIENG

Akhir pekan menjadi hari yang bersejarah bagi 70 warga SMA MUHI. Hal itu karena Jumatt-Sabtu, 11-12 Oktober 2019 kemarin delapan guru pendamping, tiga alumni Falahi (Tafakkur Alam MUHI / Organisasi Pecinta Alam MUHI) dan 59 peserta didik berhasil mendaki hingga puncak gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah. Jumlah ini menjadi jumlah terbanyak selama Falahi mengadakan Open Trip 7 tahun terakhir.

Rombongan mulai bersiap-siap & packing sejak Jum’at sore, dilanjutkan berangkat dari SMA Muhammadiyah 1 setelah maghrib menuju basecamp Patabanteng Gunung Prau. Sekitar dini hari sebelum subuh seluruh rombongan berhasil mencapai puncak dengan ketinggian 2.565 mdpl. Setelah matahari terbit, tim pendaki berfoto bersama, sarapan, dan lanjut untuk kembali turun. Alhamdulillah seluruh rangkaian perjalanan berjalan lancar hingga puncak gunung dan sampai di SMA MUHI tepat maghrib di hari Sabtu, 12 Oktober 2019.

Kegiatan semacam ini menjadi agenda tahunan dan didukung oleh sekolah karena mampu turut membangun karakter siswa yang tidak hanya pandai di kelas tetapi juga cakap bersosial. Fisik dan mental yang terasah, serta kekompakan dan disiplin yang dibangun. Tema pendakian adalah menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah ke 48 yang dalam waktu dekat akan segera digelar di kota Surakarta. Hal ini untuk mengajak seluruh kader Muhammadiyah sampai angkatan mudanya dilevel SMA, untuk semakin mencintai Muhammadiyah dan Alam Indonesia. Merangkak, Menapak, Berjaya! (Aal/Ari)