TRADISI PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DI SEKOLAH

Article  20 Comments
Line Spacing+- AFont Size+- Print This Article
TRADISI PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DI SEKOLAH

Kamis, 23 Agustus 2018, guru dan karyawan (GTK) SMA Muhammadiyah 1 (MUHI) Yogyakarta menyemarakkan kegiatan penyembelihan hewan qurban di halaman sekolah. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun.  Namun, tahun ini berbeda karena seluruh GTK dilibatkan, tidak hanya panitia. Menurut kepala sekolah, Bapak Tri Ismu Husnan Purwono, S. H., M. M.  bahwa keterlibatan seluruh GTK adalah perwujudan networking  GTK  SMA MUHI  dalam mencapai tujuan dan harapannya adalah terdapat suatu keterlibatan semua pihak baik yg mempunyai tanggung jawab sebagai panitia maupun tidak.

Kegiatan diawali dengan penyembelihan hewan qurban kemudian melakukan pemotongan daging secara bersama-sama oleh GTK. Daging yang diperoleh kemudian dibagikan kepada GTK dan warga masyarakat sekitar sekolah.   Kegiatan pembagian daging berlangsung lancar.  "Alhamdulillah, pelaksanaan ibadah qurban di SMA MUHI tahun 1439 H ini berjalan lancar dan sukses. Daging hewan qurban dapat terbagi semua kepada yang berhak menerima sesuai dengan rencana awal," ungkap ketua panitia, Bapak Suwondo.

Kepala sekolah pun memberi apresiasi atas kegiatan ini.  "Saya sangat senang dan terima kasih kepada GTK yang telah membantu. Semoga keteladan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dapat kita tiru, bahwa  semua ini milik Allah SWT dan kita tidak harus merasa memiliki suatu apa pun karena semua kembali kepada Allah SWT",ungkap kepala sekolah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan semangat berqurban bagi siswa dan keimanan kepada Allah SWT.  (Ari/AQ)

Article  Maryanto