WARGA MUHI GELAR KHATAMAN AL-QUR’AN SECARA DARING

  • Beranda -
  • WARGA MUHI GELAR KHATAMAN AL-QUR’AN SECARA DARING
research
  • 04 Oktober 2020

WARGA MUHI GELAR KHATAMAN AL-QUR’AN SECARA DARING

Khataman Al-Qur’an yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 2 Oktober 2020 adalah salah satu rangkaian kegiatan milad SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta ke-71. Teknis pelaksanaannya adalah seluruh peserta didik, guru dan tenaga kependidikan membaca Al-Qur’an sesuai dengan jumlah halaman yang telah ditentukan (dibagi). Peserta didik membaca Al-Qur’an melalui google meeting secara berganitian dan didampingi oleh wali kelas. Sedangkan guru dan tenaga kependidikan membaca Al-Qur’an secara mandiri melalui aplikasi zoom. Sebelum memulai membaca Al-Qur’an, seluruh peserta didik, guru dan tenaga kependidikan mendengarkan tausiyah tentang keutamaan membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkan Al-Qur’an.

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an sangat banyak. Salah satunya hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari sahabat Ibnu Mas’ud ra, Nabi Muhammad saw. bersabda "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf."

Kegiatan ini rencananya akan ditindaklanjuti oleh tim ISMUBA untuk dilaksanakan secara rutin. Sama halnya yang disampaikan Ibu Fitri Sari Sukmawati, M.Pd. saat memberikan sambutan, bahwa kebiasaan membaca Al-Qur’an harus menjadi budaya waga sekolah karena dengan membaca secara rutin kita akan mendapatkan banyak manfaat. (Ari/AQ)